Kompetisi Cabang Seni

Contact Person

Hamid Tharhan : 087-877845336

Definisi

Cabang seni dalam PORSENI merupakan salah satu kategori lomba yang dapat diikuti dalam serangkaian kegiatan porseni 2018 yang diperuntukkan bagi Mahasiswa/i Politeknik seluruh Indonesia. Perlombaan ini bertujuan untuk meningkatkan potensi kreativitas seni di Indonesia melalui tema yang diusung oleh PORSENI XII yaitu "Melalui PORSENI kita tingkatkan Sportifitas dan Kreativitas Mahasiswa Politeknik untuk mewujudkan Daya Saing Bangsa".

Cabang yang Diperlombakan

Adapun perlombaan yang termasuk kedalam cabang seni adalah :

Solo Song

Puisi

Karikatur

Fotografi

Kaligrafi

Nasyid

Monolog

Fasilitas dan Pelayanan

Selama PORSENI panitia akan memberikan pelayanan meliputi :

  1. Venue untuk pertandingan, yaitu di PNJ, PoliMedia, GOR Ciracas, Gymnasiumdan Stadion UI

  2. Pemberian medali kepada pemenang satu, dua, dan tiga di setiap nomor pertandingan.

  3. Dana pembinaan institusi bagi kontingen Juara Umum I, II, dan III.

  4. Penyediaan LO (Liason Officer) kepada para kontingen untuk setiap cabang seni.

Pendaftaran

Pendaftaran calon peserta PORSENI dibagi menjadi 2 (dua) tahap, meliputi:

  • Pendaftaran Tahap 1: Pendaftaran Kontingen

    1. Setiap Politeknik mendaftar sebagai kontingen peserta PORSENI XII Tahun 2018 secara online melalui tautan http://porseni.pnj.ac.id sampai dengan 17 Juli 2018.

    2. Panitia akan mengaktifasi username dan password setelah calon kontingen mengkonfirmasi dan mengirim bukti transfer/pembayaran uang kontribusi keikutsertaan sebesar Rp. 3.000.000,00 (tiga juta rupiah) per kontingen.

    3. Biaya pendaftaran kontingen sudah harus diterima panitia melalui transfer ke nomor rekening 157.0006169834 atas Nama Panitia PORSENI 2018 paling lambat tanggal 17 Juli 2018. Bukti transfer dikirim melalui surel (email) porseni@pnj.ac.id atau dengan mengupload di menu pendaftaran/login pada Website PORSENI http://porseni.pnj.ac.id.

  • Pendaftaran Tahap 2: Pendaftaran Cabor, Casen, dan Atlet

    1. Pendaftaran tahap kedua dapat dilakukan setelah kontingen mendapat username dan password.

    2. Pendaftaran cabang seni serta nomor pertandingan dilakukan sesuai dengan format pada website http://porseni.pnj.ac.id paling lambat tanggal 31 Juli 2018.

    3. Biaya kontribusi untuk setiap atlet/peserta sebesar Rp1.100.000,00 (satu juta seratus ribu rupiah) ditransfer ke rekening 157.0006169834 atas Nama Panitia PORSENI 2018 paling lambat tanggal 31 Juli 2018. Bukti transfer dikirim melalui surel (email) porseni@pnj.ac.id atau dengan mengupload di menu pendaftaran atlet pada Website PORSENI http://porseni.pnj.ac.id.

    4. Pendaftaran nama atlet/peserta dilakukan oleh Politeknik masing-masing berdasarkan NIM dan nama Mahasiswa sesuai dengan yang terdaftar di PDDikti dan berusia maksimal 25 tahun per tanggal 31 Juli 2018. Atlet/peserta yang sudah didaftarkan selanjutnya harus melakukan pembayaran sesuai dengan jumlah atlet yang akan bertanding.

    5. Jumlah nama atlet/peserta yang bisa didaftarkan kedalam system disesuaikan dengan jumlah atlet/peserta yang telah membayar biaya kontribusi.

    6. Apabila terjadi pembatalan keikutsertaan kontingen dan atlet/peserta dengan alasan apapun, biaya kontribusi tidak dapat dikembalikan.

    7. Untuk pendaftaran atlet/peserta wajib mengunggah dokumen sebagai berikut:

      • Surat rekomendasi dari Pimpinan/Wakil Direktur III (bersifat kolektif).

      • Pas foto berwarna terbaru 3x4 cm dengan ukuran maksimal 250Kb.

      • Kartu Tanda Penduduk (KTP).

      • Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).

      • Bukti status mahasiswa aktif dengan screenshoot dari website PDDikti.

    8. Setiap pelanggaran dalam bentuk pemalsuan identitas atlet/peserta akan mengakibatkan atlet/peserta dalam cabang bersangkutan tidak dapat mengikuti pertandingan (diskualifikasi). Atlet/peserta yang didiskualifikasi tidak dapat digantikan.

Peraturan Umum

Berikut ini adalah peraturan umum PORSENI untuk kategori seni :

  1. Pelaksanan Pertandingan

    Pelaksana pertandingan PORSENI XII Tahun 2018 adalah Panitia Pelaksana yang dibentuk oleh Panitia Penyelenggara melalui Surat Keputusan.

  2. Tempat dan Waktu

    Tempat dan Waktu pelaksanaan PORSENI XII – Tahun 2018 ditetapkan sebagai berikut:

    Tempat : PNJ, PoliMedia, GOR Ciracas, Gymnasium dan Stadion UI

    Waktu : 3-8 September 2018

  3. Peserta

    Peserta PORSENI XII adalah mahasiswa Politeknik Se Indonesia yang disahkan oleh pimpinan Politeknik masing-masing dan telah didaftarkan serta divalidasi oleh sekretariat panitia penyelenggara.

  4. Asuransi Peserta

    Seluruh peserta PORSENI Politeknik Se Indonesia XII Tahun 2018 disarankan mengikuti program asuransi, karena panitia tidak menanggung asuransi bagi peserta.

  5. Sistem Lomba Dan Penentuan Pemenang

    1. Penentuan Finalis :

      Tim juri menentukan peserta yang memperoleh nilai tertinggi sebagai finalis, kecuali cabang seni tertentu yang pemenangnya ditentukan langsung dalam satu tahapan, tidak melalui tahap finalis.

    2. Penentuan Pemenang :

      • Berdasarkan rangking nilai para finalis yang ditentukan oleh tim Juri, maka peserta yang mendapat nilai tertinggi dinyatakan sebagai pemenang pertama, dan seterusnya sesuai dengan ranking.

      • Keputusan pemenang ditentukan oleh Tim juri dan tidak bisa diganggu gugat.

  6. Upacara Penghormatan Pemenang (UPP)

    Peserta diharuskan memakai seragam kontingennya pada saat mengikuti UPP dan medali harus tetap dipakai sampai UPP selesai. Pada saat UPP akan diiringi oleh lagu mars politeknik peraih medali emas.

  7. Protes

    Prosedur protes dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku pada cabang yang dipertandingkan/dilombakan dengan mekanisme sebagai berikut:

    1. Protes terkait perlombaan/pertandingan dapat diajukan pada saat pertandingan berlangsung dan setelah pertandingan berlangsung. Untuk protes terhadap hasil pertandingan/perlombaan dilakukan paling lambat 15 menit setelah suatu hasil perlombaan/pertandingan diumumkan oleh announcer.

    2. Setiap protes dapat disampaikan secara lisan oleh atlet yang bersangkutan atau tim manager atau official atas nama peserta tersebut kepada juri, kemudian juri akan mempertimbangkan dengan disertai bukti-bukti yang cukup dan dianggap perlu untuk diambil keputusan atau meneruskannya kepada panitia hakim atau arbitrase.

    3. Apabila keputusan juri atas protes yang diajukan ternyata tidak diterima oleh pihak yang mengajukan protes maka protes dapat diteruskan kepada panitia hakim.

    4. Pengajuan protes kepada panitia hakim dilakukan oleh tim manager secara tertulis dengan disertai uang protes sebesar Rp300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah).

Peraturan Khusus

Aturan khusus dapat dilihat di Guidebook PORSENI XII untuk mengetahui lebih detail peraturan setiap perlombaan dalam kategori seni.